PRESCRIPTION 2018, Meriahnya Ajang Keilmiahan di Fakultas Farmasi Unhas

Redaksi L.A- Kegiatan PRESCRIPTION (Pharmaceutical Science and Research Competition) 2018 yang  dilaksanakan pada hari Jum’at-Minggu, 13-15 April 2018 dibuka secara resmi oleh  Dekan Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt. “Menang dan kalah merupakan hal biasa,  tapi pertemanan itu akan sulit dilupakan dan akan menjadi kenangan, jadi dengan adanya acara ini semoga bisa mempererat tali silaturahim antar universitas maupun sekolah-sekolah" pesan beliau pada kegiatan pembukaan PRESCRIPTION 2018 di Ruang 4005 Fakultas Farmasi Unhas, Jum'at (13/4) sore.

PRESCRIPTION 2018 merupakan agenda rutin nasional  yang diselenggarakan oleh BEM KEMAFAR-UH bekerja sama dengan UKM CRITIS FF-UH dan komunitas Ph.D & Co (Pharmacy Debate Community). Kegiatan ini diselenggarakan untuk kelima kalinya sejak tahun 2014 dengan mengusung tema "Generasi Emas, Ciptakan Kontribusimu untuk Indonesia!", adapun sebagai Coordinator Steering tahun ini dipegang oleh bapak dosen Muhammad Nur Amir S.Si.,M.Si.,Apt dan Ketua panitia dari kegiatan yaitu Tri Puspita Roska(2015) yang sekaligus merupakan ketua UKM keilmiahan CRITIS di Fakultas Farmasi. Prescription tahun ini kembali hadir dengan item lomba yang makin variatif dalam dua kategori yaitu Mahasiswa dan Siswa tingkat SMA.

Kegiatan yang diikuti oleh 22 Universitas se-Indonesia dan 16 Sekolah se-Sulawesi Selatan dengan 10 cabang lomba diantaranya untuk tingkat mahasiswa sebanyak 5 cabang lomba (LKTM (Lomba Karya Tulis Mahasiswa), PCE, Poster Ilmiah, Video Project, Debat Mahasiswa) dan 5 cabang lomba untuk tingkat siswa (Cerdas Cermat, Debat Bahasa Inggris, LKTS (Lomba Karya Tulis Siswa), Wall Magazine, dan Fotografi. Seluruh rangkaian lomba dari seleksi hingga fase final dilaksanakan di Gedung perkuliahan Fakultas Farmasi.

Salah satu tim LKTM yang berasal dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Zulhaifah dan Ria mengaku telah mengikuti Prescription untuk kedua kalinya. "Prescription tahun ini lebih bagus karena sub tema dari LKTM lebih banyak, dan juga teman-teman LO (Liaison Officer)nya ramah dan fast respon”. Sehingga mereka berharap agar semoga Prescription selanjutnya lebih baik lagi , sub tema untuk LKTM di tambah begitu pun dengan jumlah item acaranya diperbanyak.

salah satu peserta lomba debat  tingkat SMA, Rafli dan Arya dari SMAN 3 Palopo menjelaskan kesan dan pesan terhadap kegiatan PRESCRIPTION tahun ini  “di Prescription ini juri-jurinya sangat fair play jika dibandingkan dengan lomba yang pernah kami diikuti. target kami semoga bisa juara tahun depan” jelas mereka berdua.

Closing ceremony dilaksanakan di hotel Arbor Biz,  Biring kanaya-Makassar Sabtu (14/4) malam yang turut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Presiden BEM, Ketua MAPERWA serta ketua-ketua UKM di kemafar-UH. Penutupan berlangsung dengan agenda pengumuman pemenang. selain itu, penampilan tari tradisional adat Makassar, band dari UKM Pharco FF-UH dan penampilan solo vokal dari Angelina Kounang (2014). turut menyemarakkan agenda penutupan Prescription 2018.

Sampai jumpa di PRESCRIPTION 2019 !

Dan berikut ini adalah para pemenang dari tiap item lomba di PRESCRIPTION 2018.
Pemenang lomba tingkst mahasiswa
1.       Lomba Karya Tulis Mahasiswa
Subtema 1
Juara 1: Risma Martasuri (UGM)
Juara 2: Ani Kistiyani (UGM)
Juara 3: Yonita Yuliani (Univ. Mulawarman)
Subtema 2
Juara 1: Astika (Univ. Andalas)
Juara 2: IrbaArifa (Unpad)
Juara 3: Akbar Rino ( Univ. Ahmad Dahlan)

2.       Lomba Poster Ilmiah
Juara 1: Muh. Rahmatullah (Unhas)
Juara 2: Adhan (Unhas)
Juara 3: Ahmad Rabiul (Unhas)
Terfavorite: Adhan (Unhas)

3.       Video Project
Juara 1: Etheldreda Pramudita (Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)
Juara 2: Ignatius Dio Dwi (Univ. Sanata Dharma Yogyakarta)
Juara 3: Ghiyats Ramadhan (Univ. Muhammadiyah Surakarta)

4.       Pharmaceutical Counseling Event (PCE)
Terbaik : Raynaldo Appulembang (UIT)

5.       Debat Mahasiswa
Juara 1: Roza Destrinanda (IPB)
Juara 2: Muh. Akbar Bahmi (Unhas)
Juara 3: Teguh Eko Priyandono (UNY)
Best Speaker: Achmad Akbar


Pemenang lomba tingkat siswa
1.       Lomba Karya Tulis Siswa
Juara 1: Nurul Nahda (SMA 2 Bulukumba)
Juara 2: Ana Adiputra Yusuf (SMAN 1 Soppeng)
Juara 3: Putri Sinta Syarif (SMAN 1 Kolaka)
2.       Fotografi
Terfavorit : Machfud Mubarak Sapanang (SMA 7 Sinjai)
Terbaik : Michael C (SMA Zion Makassar)
3.       Cerdas Cermat
Juara 1: Bilal Dwi Anugrah (SMAN 5 Gowa)
Juara 2: Muh. Yusuf (SMAN 11 Pangkep)
Juara 3: Rivaldi Pratama (SMAN 11 Pangkep)
4.       Wall Magazine
Juara 1: Andi Maulana (SMA 2 Soppeng)
Juara 2: St. Khaerun (SMA 8 Bulukumba)
Juara 3: Srirezky Adisunarno (SMA 3 Palopo)
5.       Debat Siswa
Juara 1: A. Tenri Khofifah (SMA 5 Gowa)
Juara 2: Kezia Valery Suciady (SMA Zion)
Juara 3: Aliyah Baida Wiwiyanti (SMA 9 Jeneponto)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.